Copyright

Ide Desain untuk Menata Konter Pulsa

Ketika Anda memiliki konter pulsa, Anda perlu menyiapkan desain konter pulsa yang menarik. Meski bukan merupakan komponen utama, namun desain yang menarik bisa menjadi nilai tambah konter Anda di mata konsumen. Berikut ini berbagai ide desain yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi untuk menata konter pulsa.

Ide Desain untuk Menata Konter Pulsa,inovasi konter pulsa,usaha pelengkap konter,konter pulsa sederhana,konter sederhana depan rumah,pengusaha konter pulsa sukses,bisnis konter pulsa pemula,bangunan konter pulsa,thr konter pulsa_alfa-transpulsa.com

Berbagai Ide Menata Konter Pulsa

Kehadiran konter pulsa tentu sudah semakin luas, baik di kota besar, kecil, hingga pedesaan. Selain pulsa, konter ini biasanya juga menawarkan paket data, voucher, pembayaran tagihan, hingga aksesoris ponsel.

Biasanya desain yang digunakan pada konter memiliki format yang sama, sehingga monoton. Padahal desain konter menarik pelanggan bisa saja berkontribusi dalam mendatangkan lebih banyak konsumen. Untuk menampilkan desain yang menarik dari inovasi konter pulsa, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Mendesain tampilan bagian depan

Bagian depan bisa dibilang menjadi poin paling penting yang harus diperhatikan ketika Anda akan mendesain konter pulsa sederhana. Jika bagian depan konter ditata dengan baik, peluang calon konsumen untuk mendatangi konter Anda akan lebih besar. Desain tampilan konter sederhana depan rumah ini bisa Anda sesuaikan dengan konsep desain konter keseluruhan.

Buatlah tampilan bagian depan konter serapi mungkin, misalnya dengan memasang etalase yang terbuat dari kaca. Tata produk usaha pelengkap konter yang Anda jual dengan rapi, sehingga memudahkan konsumen untuk melihat-lihat.

2. Menata produk dengan rapi

Penataan produk jualan juga bisa mempengaruhi keinginan orang untuk membeli produk yang Anda jual. Untuk menata produk, buatlah beberapa kelompok, misalnya kartu SIM Indosat satu kelompok, XL satu kelompok, dan Telkomsel satu kelompok. Kalau Anda menjual aksesoris ponsel, Anda juga bisa membagi itu menjadi beberapa kelompok supaya lebih rapi dan mudah saat mencari.

3. Memberi pencahayaan yang optimal

Pencahayaan yang baik juga menjadi komponen penting dalam menata konter pulsa. Anda bisa menggunakan lampu gantung sebagai sumber cahaya dalam ruangan. Sedangkan di luar konter, cobalah pasang lampu dekoratif untuk membuat tampilan konter lebih menarik dan tidak monoton.

Persiapan untuk Memulai Usaha Konter Pulsa

Hal pertama yang harus dipertimbangkan bila ingin menjadi pengusaha konter pulsa sukses adalah pemilihan lokasi yang tepat. Misalnya, apakah konter akan dibuka di kompleks perumahan? Apkah orang-orang di kompleks tersebut mayoritas kelas atas, menengah, atau bawah? Dan pertanyaan sejenis lainnya.

1. Penentuan lokasi

Lokasi terbaik untuk membuka bisnis konter pulsa pemula adalah di pinggir jalan yang dekat dengan pusat fasilitas umum. Akan tetapi, jika biaya sewa bangunan konter pulsa terlalu mahal, Anda bisa mencoba usaha konter pulsa rumahan dahulu. Bukan hanya di dekat pusat keramaian, faktor demografi masyarakat juga Anda pertimbangkan. Contohnya adalah membuka lokasi konter pulsa di sekitar kost mahasiswa atau karyawan. 

2. Menyiapkan perlengkapan

Beberapa perlengkapan yang diperlukan, selain produk yang akan dijual, untuk membuka usaha konter pulsa adalah:

  • Etalase konter, harganya sekitar Rp500.000 – Rp900.000. 
  • Kursi display SIM dengan harga satuannya sekitar Rp16.500.
  • Rak display mundo, harganya sekitar Rp200.000 - Rp300.000. Namun Anda tidak perlu membeli ini kalau tidak menjual aksesoris.
  • Rak gantungan kunci kecil, sekitar Rp80.000 - Rp100.000, namun tidak diperlukan jika tidak menjual aksesoris.
  • Ponsel tersendiri untuk bertransaksi.
  • Pemotong kartu SIM, harganya sekitar Rp55.000.
  • Spanduk bertuliskan nama konter pulsa untuk memudahkan pembeli mencari konter pulsa.

Persiapan lainnya adalah mencari supplier yang tepat untuk usaha konter pulsa Anda. Temukan supplier yang akan membantu Anda transaksi dan merespon cepat semua permintaan Anda. Untuk keperluan ini, Anda bisa memilih Alfatrans Pulsa yang telah berpengalaman dalam menjadi supplier. Cukup dengan membayar deposit sebesar Rp50.000, Anda sudah bisa memulai bisnis pulsa

Setelah semuanya siap, Anda bisa membuka thr konter pulsa Anda, dan mengikuti ide menata konter pulsa di atas.