Analisis Usaha Konter HP Kecil Lengkap dengan Rincian Modal yang Dibutuhkan

Bagi Anda yang tertarik terjun dalam usaha konter HP maka harus melakukan analisis terlebih dahulu. Analisis usaha konter HP bertujuan untuk mengetahui kisaran biaya yang harus disiapkan dan perkiraan untung yang akan didapat. Jadi, Anda akan mengetahui secara jelas alur uang yang Anda gunakan untuk usaha ini.

Apakah Anda tertarik jadi pengusaha konter pulsa yang banyak pembelinya? Berikut rincian modal untuk analisis usaha konter HP

Kisaran Modal untuk Memulai Usaha Konter HP

Membicarakan modal yang harus disiapkan sebenarnya tergantung dari besar kecilnya konter HP yang ingin dibuat. Namun, jika Anda benar-benar ingin membuka konter HP yang cukup lengkap dengan produk penunjang lainnya, maka yang harus disiapkan untuk buka konter modal 5 juta hingga Rp 25 juta.

Baca Juga : Tips Menata Display Konter Pulsa untuk Menjalankan Bisnis Jual Pulsa

Rincian Modal untuk Konter HP

Nah, berikut ini rincian modal usaha konter hp untuk analisis usaha konter HP yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang tertarik ingin menekuninya, yaitu:

1. Etalase

Sebuah konter tidak lengkap rasanya tanpa kehadiran etalase di dalamnya. Etalase digunakan untuk memajang produk pulsa, aksesori pendukung HP, hingga berbagai produk HP. Penggunaan etalase sangat ideal karena pembeli dapat melihat dan memilih produk yang ingin dibelinya dengan mudah.

Untuk harga etalase ukuran sedang sekitar Rp1.700.000/ unit  dalam kondisi baru. Jika ingin menghemat, Anda bisa mencari etalase second yang masih bagus. Harganya tentu lebih murah tidak sampai Rp1.000.000.

Harga etalase tersebut juga bisa disesuaikan dengan ukuran yang diperlukan. Semakin besar etalase maka semakin tinggi pula harganya.

Baca Juga : Usaha Pendamping Konter Pulsa Untuk Menambah Keuntungan

2. Kursi

Perlengkapan yang tidak kalah penting lainnya adalah kursi. Anda bisa membeli kursi dari bahan plastik agar lebih terjangkau. Harga kursi plastik sekitar Rp40.000. Anda beli kurang lebih 4 yang dapat digunakan oleh penjual dan sisanya untuk pembeli yang datang.

Jadi, total biaya pembelian kursi plastik sekitar Rp160.000.

3. HP

Untuk melayani pembelian transaksi pulsa elektrik, Anda harus menyiapkan HP. Bisa menggunakan HP sendiri atau HP khusus yang hanya digunakan untuk jualan. Beli saja HP biasa (bukan smartphone) sehingga bisa lebih hemat. Harga HP kurang lebih adalah Rp900 ribuan. Mungkin saja bisa lebih murah tergantung dari model dan merek HPnya. Kalau diperlukan Anda bisa mencari cara kerjasama konter dengan oppo.

4. Alat Tulis

Mencatat semua transaksi pembelian sangatlah penting untuk mengetahui secara jelas besaran pendapatan yang didapat setiap hari, minggu, atau bulannya. Jika Anda ingin mencatat secara manual dengan bolpoin dan buku, maka budget yang dikeluarkan sekitar Rp.100.000.

Baca Juga : Bikin Laris! Inilah yang Dijual di Konter Pulsa

5. Rak Aksesoris HP

Selain pulsa, kartu perdana, voucher, dan paket internet, aksesoris HP pun tidak kalah banyak peminatnya. Daftar barang konter hp bisa berupa headset, tempered glass, casing, dan banyak lainnya.

Nah, Anda harus menyiapkan rak khusus untuk memajang produk-produk tersebut. Kisaran harga yang harus dikeluarkan untuk rak khusus aksesoris HP adalah Rp1 jutaan.

6. Deposit Pulsa Elektrik All Operator

Rincian modal selanjutnya adalah deposit pulsa yang digunakan untuk melayani pembeli yang ingin isi pulsa elektrik. Minimal deposit pulsa semua operator di Alfatrans Pulsa adalah Rp50.000. Namun, jika Anda ingin deposit dalam jumlah besar sekaligus pun akan lebih baik.

Deposit pulsa ini tidak memiliki masa kadaluarsa layaknya isi pulsa di HP atau cepat habis. Jadi, Anda tidak khawatir jika pulsa tidak segera dibeli oleh konsumen.

7. Kartu Perdana dan Voucher Internet

Untuk membuat konter Anda semakin menarik dan lengkap, maka perlu menyediakan berbagai pilihan kartu perdana dan voucher internet. Estimasi biaya untuk menyuplai produk ini sekitar Rp5.000.000. Jika modal Anda pas-pasan bisa dikurangi jumlahnya dan sesuaikan dengan budget yang ada. Dalam hal ini Anda perlu mencari supplier konter hp yang menyediakan berbagai kartu perdana yang murah dan aman.

Baca Juga : Resiko Usaha Konter Pulsa yang Dapat Anda Hadapi

8. Sewa Kios, Listrik, dan Kuota Internet

Untuk kisaran sewa kios yang tidak terlalu besar ditambah biaya listrik dan kuota internet untuk melayani pembayaran PPDB sekitar Rp700.000.

Rincian analisis usaha konter HP kecil membutuhkan modal sekitar Rp10 – Rp11 jutaan. Bisa jadi sampai Rp15 juta jika Anda kulakan aksesori HP, seperti headset, tempered glass, casing, charger, atau lainnya.

Untuk menambah penghasilan, Anda bisa menyediakan layanan pembayaran PPOB, pembelian voucher game, hingga top up E-Money.

Tidak perlu khawatir karena dengan menjadi agen di Alfatrans Pulsa memungkinkan Anda untuk menjual semua produk tersebut. Mulai dari pulsa elektronik, internet, voucher game, pembayaran PPDB, hingga e-Money sekalipun. Grafik keuntungan dari analisis usaha konter HP juga akan semakin tinggi karena banyak produk yang disediakan.