Peluang Bisnis Pulsa Online untuk Mahasiswa

Bisnis pulsa online menjadi salah satu peluang yang menggiurkan untuk dijadikan sebagai peluang bisnis, terutama kamu yang masih berstatus sebagai mahasiswa. Sebagai seorang mahasiswa, kamu memang dituntut untuk kreatif agar dapat mandiri serta tidak mengandalkan kiriman uang yang diberikan oleh mahasiswa. 

Ketika berstatus sebagai mahasiswa, pasti kamu pernah memikirkan cara membuka bisnis sembari terus berkuliah. Dengan kreativitas serta melihat peluang yang ada, ada berbagai macam peluang bisnis yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Terutama dengan modal kecil. 

Inilah alasan, mengapa masa berkuliah menjadi moment yang tepat untuk memulai sebuah usaha, karena mahasiswa pasti ada kalanya akan menghadapi tantangan dunia kerja, sehingga tidak ada salahnya mempersiapkannya dari awal. 

Baca Juga : Peluang Usaha Jual Pulsa untuk Ibu Rumah Tangga

Membuka bisnis untuk mahasiswa bukan hanya sebagai penambah uang saku, namun juga digunakan untuk modal pengalaman sesudah lulus kuliah. Ketika sudah mulai menjalankan bisnis, kamu tidak akan dipusingkan dengan masalah keuangan sebelum lulus, atau mencari-cari pekerjaan setelah lulus. 

Dari berbagai macam pilihan bisnis, berjualan pulsa secara online menjadi pilihan yang tepat. Mengapa demikian? Berikut berbagai macam alasannya. 

Peluang Bisnis Pulsa Online untuk Mahasiswa

Peluang Pasar Bisnis Pulsa Online

Bisnis berjualan pulsa secara online pada dasarnya memiliki peluang yang sangat luas. Sebagai mahasiswa sendiri, kamu bisa menjadikan teman-teman satu kelas, satu program studi hingga satu angkatan sebagai target pasar. 

Bila kamu bisa menjadikan teman-teman satu angkatan sebagai target pasar, bayangkan berapa pundi-pundi keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam sehari. Kaum mahasiswa memang lebih melek dengan teknologi, sehingga bisa melakukan pembelian pulsa secara online. 

Namun terkadang, mereka hanya membutuhkan pulsa puluhan ribu, dan pembelian tersebut tidak disediakan secara online, sedangkan kamu bisa menyediakan kebutuhan tersebut. Contohnya saja ketika teman-temanmu membutuhkan pulsa Rp 5.000. Tidak banyak situs online yang menyediakan pulsa dengan nominal Rp 5.000, sedangkan kamu tetap bisa melayani pembelian tersebut.

Baca Juga : Bisnis Jual Pulsa, Usaha Menggiurkan di Masa Pandemi

Dari sini, kamu sudah merebut pangsa pasar yang dimiliki oleh pesaing lain. Tidak cukup sampai di sini, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebagai mahasiswa kamu dituntut lebih kreatif dan aktif.

Bukan hanya teman-teman satu angkatan saja yang menjadi target pasarmu, namun kamu juga bisa membuatnya lebih luas. Karena menjalankan bisnis pulsa online, tentu saja kamu bisa menggunakan media sosial untuk menawarkan bisnis tersebut. 

Kamu bisa membuat media sosial dan website khusus untuk berjualan pulsa. Dari sini, target pasar yang kamu miliki menjadi semakin luas, sehingga bukan hanya teman seangkatan saja yang menjadi pelanggan. 

Keuntungan Bisnis Pulsa Online untuk Mahasiswa

Menekuni usaha berjualan pulsa secara online tentu saja memiliki keuntungan. Berikut beberapa keuntungan berjualan pulsa dengan cara online bagi mahasiswa, seperti:

1. Mudah dalam melakukan promosi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, teman-teman kuliah dapat dijadikan sebagai target pasar yang menguntungkan. Kamu tidak perlu membanderol harga dengan lebih rendah, kamu cukup memberikan keuntungan-keuntungan yang mungkin tidak disediakan penjual pulsa lain.

Contohnya saja, untuk pembelian pulsa teman satu angkatan atau satu program studi bisa melakukan pembayaran di awal bulan ketika kiriman dari orangtua sudah datang. Meskipun terkesan sepele, namun cara ini bisa menjadi pilihan, apalagi jika kamu ingin memiliki target pasar yang luas.

Baca Juga : Keuntungan Bisnis Pulsa Online Tanpa Harus Modal Besar

Selain itu, kamu juga bisa memberikan promosi diskon bagi mereka yang mempromosikan bisnis pulsa online yang kamu geluti di media sosialnya. Cara-cara ini bisa membuat keuntunganmu berlipat ganda karena pesatnya penjualan. 

Kamu juga bisa menjalankan bisnis ini dengan instant serta cepat. Dengan menggunakan sistem transfer, kamu sudah bisa melakukan transaksi penjualan dan pembelian. 

2. Menjadi kebutuhan primer

Di masa pandemi seperti saat ini, pulsa sudah berubah menjadi kebutuhan primer seperti sembako. Sehingga, bisa dipastikan ketika kamu berjualan pulsa, bisnis tersebut akan laris manis, lebih-lebih semua teman sekelasmu pasti memiliki ponsel.

Saat perkuliahan online dilangsungkan dan mereka tidak memiliki pulsa, kamu menjadi orang pertama yang akan dihubungi. Tentu saja ini menjadi keuntungan tersendiri. 

3. Kerugian yang minim

Salah satu alasan mengapa banyak mahasiswa yang mencoba bisnis pulsa online adalah minimnya kerugian yang akan ditanggung. Meskipun keuntungan dari bisnis ini tidak begitu banyak, tetapi dengan kerugian yang sedikit, mahasiwa banyak yang berani memulai usaha ini.

Jika kamu belum bisa menjual saldo pulsa yang sudah diisi, kamu dapat menggunakan saldo tersebut sendiri. Untuk meminimalkan kerugian teman-teman yang berhutang, kamu bisa memberikan batasan maksimal hutang setiap bulan seperti limit.

Kemudian, kamu juga harus mencatat semua hutang yang mereka miliki beserta tanggal pengisian pulsa. 

Baca Juga : Usaha Pendamping Konter Pulsa Untuk Menambah Keuntungan

4. Proses tidak merepotkan

Berjualan pulsa mempunyai sistem yang mudah serta sederhana. Bahkan menjual pulsa juga tidak mempunyai aturan khusus, sehingga kamu yang masih berstatus sebagai mahasiswa dapat menjadikan usaha ini sebagai sebuah sampingan dan menambah uang saku. 

Proses pengisian pulsa hanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 menit saja. Kemudian pulsa yang diisi bisa langsung masuk ke nomor pelanggan dan kamu bisa mendapatkan keuntungan. 

5. Tidak membutuhkan tempat usaha

Bila kamu tidak mempunyai modal yang digunakan untuk menyewa kios pulsa, tidak perlu cemas. Karena menjalankan bisnis secara online, kamu tidak membutuhkan tempat usaha fisik. Kamu hanya membutuhkan ponsel yang digunakan untuk mengirim pulsa dengan cepat. 

Modal Usaha Bisnis Pulsa Online untuk Mahasiswa

Setelah membahas mengenai berbagai keuntungan, pasti kamu semakin tertarik dengan usaha yang satu ini bukan? Apapun usaha yang kita geluti, modal menjadi salah satu hal yang harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan. 

Karena tidak menjual barang secara fisik, jumlah modal yang dibutuhkan untuk bisnis pulsa online tentu tidak sebesar ketika membuka konter pulsa offline. Ketika membuka konter pulsa offline, kamu harus menyediakan barang seperti etalase, dudukan display, dudukan kartu perdana, pemotong kartu sim hingga stok kartu.

Ketika membuka bisnis ini, kamu hanya membutuhkan modal ponsel bekas untuk melakukan pengiriman pulsa. Lebih baik jangan menggunakan ponsel yang sama untuk aktivitas sehari-harimu, namun gunakan ponsel khusus untuk mengirim pulsa.

Baca Juga : Cara Download dan Instal Aplikasi Android Alfa Trans Pulsa

Ponsel untuk bisnis pulsa online ini biasanya merupakan ponsel satu sim biasa, harganya cukup murah berkisar antara Rp 200 hingga Rp 300 ribuan, bergantung merek. Selain ponsel untuk mengirim pulsa, kamu juga harus memiliki saldo sebagai barang dagangan.

Sebagai mahasiswa, target pasar pertamamu pasti teman-teman satu kelas, sehingga modal awal yang kamu butuhkan tidak terlalu banyak. Kamu bisa mencoba melakukan pengisian saldo Rp 500 ribuan. Keuntungan dari berjualan pulsa bisa digunakan untuk menambah top up saldo, sehingga saldo ready yang kamu miliki dari hari ke hari semakin bertambah. 

Membuka bisnis pulsa online memang tidak semudah seperti yang dibayangkan, namun kamu tidak akan pernah tahu jika tidak mencobanya bukan? Bila memang tidak memiliki modal yang besar, kamu bisa mulai top up Rp 100 ribuan dahulu sebagai test pasar. Gimana? tertarik memulai bisnis pulsa online? Yuk, mari bergabung bersama Alfatrans Pulsa. Klik cara pendaftaran.

0 Response to "Peluang Bisnis Pulsa Online untuk Mahasiswa"

Posting Komentar