Copyright

Bisnis Jual Pulsa, Usaha Menggiurkan di Masa Pandemi

Bisnis jual pulsa menjadi salah satu pilihan usaha yang menggiurkan, meskipun di kala pandemi seperti sekarang ini. Harus diakui, ketika pandemi datang, berbagai macam bisnis seakan tumbang, namun mereka yang berkecimpung dalam dunia penjualan pulsa, tidak demikian. 

Jika ada yang menanyakan apa saja kebutuhan dasar manusia, pasti kita akan menjawab pangan, kemudian sandang dan terakhir papan. Meskipun benar, namun Anda melupakan salah satu hal yang penting yaitu kebutuhan untuk melakukan komunikasi. 

Di kala pandemi, semua kegiatan yang mulanya dilakukan secara offline, menjadi beralih ke online seperti kegiatan belajar mengajar, berbelanja, hingga melakukan meeting dengan klien. Dengan adanya hal ini, tentu saja kebutuhan pembelian pulsa juga semakin bertambah bukan. 

Dari sinilah usaha berjualan pulsa menjadi peluang yang terlihat sangat menguntungkan. Mulai tertarik mencoba bisnis berjualan pulsa? Berikut informasi selengkapnya. 

Bisnis Jual Pulsa, Usaha Menggiurkan di Masa Pandemi

Mengapa Memilih Bisnis Jual Pulsa?

Ada berbagai macam peluang bisnis yang berada di sekitar kita mulai dari membuka jasa freelance, usaha kuliner, laundry dan yang lainnya. Namun, mengapa usaha berjualan pulsa dianggap sebagai peluang menguntungkan?

Pada dasarnya, manusia mencari cara untuk melakukan komunikasi, bahkan ketika di awal jaman. Walaupun sulit menentukan mana kelompok yang pertama mengembangkan bahasa untuk berkomunikasi, tetapi bisa dipastikan jika melakukan komunikasi sekarang ini sudah melalui proses begitu panjang. 

Awalnya, komunikasi dilakukan dengan cara tatap muka, kemudian mengalami perkembangan dengan layanan pos, hingga akhirnya semakin berkembang dengan adanya telepon. Komunikasi menggunakan jaringan telepon dianggap sebagai sebuah potensi bisnis yang menggiurkan.

Untuk dapat melakukan komunikasi, tentu saja kita membutuhkan pulsa. Pulsa menjadi saldo yang diperlukan agar bisa melakukan panggilan, berkirim pesan, hingga terhubung ke jaringan internet. dari sini, kebutuhan pulsa menjadi sebuah potensi bisnis yang menjanjikan. 

Bisnis jual pulsa menjadi salah satu usaha yang relevan dengan pergantian jaman, hal ini disebabkan karena terdapat jutaan pengguna yang memerlukan pulsa. Dengan kelahiran internet, bisnis pulsa juga menjadi berubah menjadi semakin luas. Paket-paket internet ikut diperjualbelikan. 

Internet juga membuka kesempatan melakukan komunikasi dengan banyak orang. Saat ini deretan aplikasi media sosial sudah banyak dipergunakan masyarakat mulai dari LINE, WhatsApp, Facebook, Instagram dan lainnya. 

Semua platform tersebut tentu memerlukan kuota internet agar bisa mengaksesnya. Jika semakin sering pengguna membuka media sosial atau browsing, semakin lekas habis juga kuota internet yang dimiliki. Lebih-lebih di kala pandemi yang membutuhkan jaringan internet, sudah pasti ini menjadi peluang menarik bagi Anda. 

Tidak sebatas sampai di situ saja, ketika membuka bisnis jual pulsa, Anda dapat mencoba berjualan pulsa listrik. Sekarang ini, jumlah pelanggan listrik prabayar terus menerus mengalami penambahan. Bisnis ini mungkin memberi komisi kecil, tetapi jika jumlah pengguna semakin besar, tentu pendapatan ini bisa berubah menjadi semakin besar.

Anda bisa membayangkan jika setiap hari terdapat 10 orang yang melakukan pembelian token. Semakin banyak usaha yang ikut dibuka, akan semakin besar pula keuntungan yang diperoleh. Apalagi bila tetangga yang berada di lingkungan sekitar belum mencoba bisnis ini.

Apakah Bisnis Jual Pulsa Menguntungkan

Seperti berbagai macam bisnis lain. Usaha berjualan pulsa ini memberikan keuntungan cukup besar jika kita melakukannya dengan maksimal. Berikut beberapa alasan mengapa bisnis jual pulsa sangat menguntungkan untuk dijalankan, antara lain:

1. Modal yang dibutuhkan relatif kecil

Ketika memulai bisnis, lebih-lebih di masa pandemi, modal menjadi hal yang sering menjadi hambatan. Ketika tertarik berjualan pulsa, sepertinya Anda tidak perlu khawatir karena modal yang dibutuhkan tidak begitu besar. 

Modal berjualan pulsa hanya ponsel dan saldo untuk melakukan penjualan. Anda bisa menggunakan handphone yang sekarang ini digunakan untuk kegiatan sehari-hari, sedangkan saldo awal yang dibutuhkan bisa mulai dari Rp 50 ribuan saja. 

2. Bisa dipelajari dengan mudah

Berjualan pulsa bukan menjadi usaha yang rumit. Tetapi, usaha ini tetap membutuhkan ketekunan. Ketika ingin memulainya, Anda tidak memerlukan ilmu khusus. Biasanya, distributor sudah memberikan langkah untuk melakukan pengisian pulsa.

Anda bisa melakukan pengisian pulsa dari aplikasi chat, aplikasi pengisian pulsa, hingga SMS dengan format yang sudah dijelaskan. 

3. Merupakan produk digital online

Bisnis jual pulsa berbeda dengan berjualan barang secara fisik, Anda tidak perlu membawa barang untuk dijual, karena barang dagangan tersebut mempunyai bentuk digital yang begitu fleksibel. 

4. Tidak memiliki masa berlaku

Jika berjualan makanan, mungkin kita akan takut jika produk tersebut membusuk, atau basi. Sedangkan, jika memilih berjualan baju, mungkin kita akan takut bila model baju akan tenggelam seiring dengan perkembangan zaman.

Namun pulsa tidak memiliki masa berlaku, setelah melakukan pengisian saldo, Anda bisa menjual saldo tersebut hingga kapanpun.

5. Luasnya target pasar yang dimiliki

Sebelum kita memulai sebuah bisnis, target pasar menjadi hal dasar yang harus ditentukan. Menentukan target pasar berguna agar produk lebih fokus di jual. Dalam berjualan pulsa, target pasar yang Anda miliki tidak terbatas jenis kelamin, usia dan lainnya. semua orang yang memiliki ponsel, pasti membutuhkan pulsa agar bisa berkomunikasi. 

Tips Menjalankan Usaha Bisnis Jual Pulsa

Berbisnis pulsa memang tidak memerlukan modal besar, tetapi bukan berarti kita tidak sungguh-sungguh dalam menjalankannya. Agar sukses dalam menjalankannya, berikut beberapa tips agar sukses berjualan pulsa, antara lain:

1. Cari distributor pulsa yang tepat

Ketika akan memulai bisnis jual pulsa, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih distributor pulsa. Kebanyakan, harga pulsa di pasaran sama, sehingga agar bisa memperoleh keuntungan, Anda harus mencari agen yang memberi penawaran harga murah.

Selain murah, Anda juga harus memilih distributor pulsa yang berkualitas, sehingga bisnis yang Anda rintis akan lancar dijalankan.

2. Tentukan harga yang relevan

Pastikan Anda menentukan harga dengan baik. Hindari menetapkan keuntungan terlalu kecil hanya karena ingin memiliki banyak pelanggan, namun hindari pula menetapkan harga yang terlalu tinggi karena ingin keuntungan yang besar.

3. Beri layanan yang terbaik

Sebagai penjual, tentu saja Anda harus memberikan layanan yang baik pada pembeli. Anda harus bersikap ramah ketika terdapat konsumen yang melakukan pembelian pulsa, bila terjadi gangguan sehingga pulsa terlambat masuk, Anda harus bisa mengatasi komplain dengan sabar. 

Namun, ketika terdapat konsumen yang ingin berhutang, lebih baik Anda menolaknya baik-baik. Meskipun harus memberi layanan terbaik, tetapi berhutang bukan sebagai bagian dari pelayanan bisnis. 

4. Jangan sampai kehabisan saldo pulsa

Pastikan saldo pulsa yang Anda miliki tetap terisi dengan cukup. Jangan sampai konsumen beralih ke penjual lain hanya karena pulsa yang Anda jual tidak selalu ready. 

Bisnis jual pulsa memang memberikan keuntungan yang fantastis, tidak sedikit cerita-cerita berseliweran mengenai keuntungan berlipat dari berjualan pulsa. Namun, tentu saja kesuksesan tersebut tidak diperoleh dengan tempo yang singkat.