Cara Branding Konter Pulsa yang Menarik dan Berkesan

Siapapun yang menjalankan bisnis tentu mau bisnisnya sukses dan semakin berkembang, tidak terkecuali pebisnis pulsa. Memang kerugian adalah risiko yang harus dihadapi dalam berbisnis, dan risiko itu perlu diminimalisir. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui faktor yang mempengaruhi laku atau tidaknya produk di pasaran, salah satunya adalah branding. Lalu bagaimana cara branding konter pulsa yang menarik? Baca di sini.

Alfatrans Pulsa, Cara Branding Konter Pulsa yang Menarik dan Berkesan

Berbagai Cara Branding Konter Pulsa

Brand atau yang dikenal dengan merek merupakan identitas yang menjadi pembeda produk yang Anda jual dengan produk pesaing. Brand ini perlu dibuat seunik mungkin supaya berkesan lebih mudah diingat oleh konsumen, baik nama hingga logonya. Lakukan hal-hal berikut untuk branding bisnis pulsa yang Anda jalankan.

1. Menggunakan nama yang singkat

Cara pertama yang harus diterapkan terkait branding adalah memilih nama singkat untuk brand dari bisnis yang Anda jalankan. Hal ini memang tidak mudah, jadi kumpulkan dan tulis dulu berbagai ide nama brand yang terlintas di benak Anda.

Pastikan ide nama brand tersebut cukup singkat dan tidak lebih dari tiga suku kata. Nama yang singkat, jelas, dan padat tentu akan lebih mudah diucapkan maupun diingat oleh pembeli. Kemudian, lakukan pengecekan apakah ada nama brand lain yang sama dengan brand Anda. Pengecekan ini bisa dilakukan melalui mesin pencari.

Setelah memastikan semuanya, Anda perlu melegalkan nama brand tersebut sebagai hak merek yang hanya Anda miliki. Proses merupakan langkah hukum supaya brand Anda tidak diakui oleh orang lain nantinya

Pengurusan legalisasi nama brand dilakukan di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI) dengan melengkapi dokumen persyaratan tertentu.

2. Menentukan ciri khas produk

Ciri khas produk ini bertujuan untuk membuat produk yang Anda jual lebih mudah diingat oleh konsumen. Ciri khas ini tidak hanya ditentukan dari perbedaan nama brand, tetapi juga dari kualitas dari produk tersebut. Hal ini sebenarnya tidak mudah untuk dilakukan, terlebih kalau yang Anda jalankan adalah bisnis pulsa atau produk digital lain.

Diperlukan kreativitas untuk menciptakan ciri khas yang membedakan produk Anda dengan produk yang dijual kompetitor. Untuk konter pulsa, Anda bisa menciptakan perbedaan di desain konter dengan menampilkan produk unggulan yang ditawarkan.

3. Mendesain logo sebagai cerminan produk

Hal yang tidak kalah penting dari nama brand pada branding konter pulsa selain namanya adalah logo yang digunakan. Logo yang digunakan ini harus mempunyai makna yang merepresentasikan produk yang Anda jual. Jangan lupa untuk menyisipkan nama atau singkatan brand pada logo. Karena Anda memilih bisnis pulsa, maka buatlah desain logo yang berkaitan dengan pulsa.

4. Memaksimalkan iklan untuk promosi

Tidak melulu menggunakan baliho atau spanduk besar, Anda bisa memanfaatkan iklan digital untuk mempromosikan produk Anda. Beberapa platform yang bisa dimanfaatkan untuk ini, seperti Fb Ads, Google Ads, WhatsApp business, atau Search Engine Marketing. Penggunaan iklan digital ini bisa membantu Anda menghemat biaya pemasaran. Iklan digital juga efektif karena bisa menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan iklan secara langsung.

Jangan lupa untuk memanfaatkan platform media sosial sebagai media untuk iklan digital Anda. Saat hampir semua orang menggunakan media sosial untuk hiburan atau tujuan lain, dan ini bisa dimanfaatkan untuk bisnis pulsa Anda. 

Kalau Anda bergabung dengan Alfatrans Pulsa, Anda juga akan dibantu untuk branding konter pulsa dan memasarkan produk yang Anda jual. Jadi Alfatrans Pulsa bukan hanya menyediakan layanan server pulsa, tapi juga mengajak Anda distributornya untuk tumbuh bersama. Yuk segera gabung dengan Alfatrans Pulsa.