Penerapan Marketing Mix Konter Pulsa

Marketing mix merupakan salah satu strategi pemasaran konter pulsa dengan menggunakan alat-alat pemasaran dalam perusahaan. Terdapat dua jenis marketing mix yang umum digunakan, yakni marketing mix 7P dan marketing mix 4P. Untuk mengetahui lebih banyak tentang marketing mix dan bagaimana penerapan marketing mix konter pulsa, yuk simak ulasan ini sampai selesai.

Penerapan Marketing Mix Konter Pulsa

Konsep dalam Marketing Mix 7P

Dalam marketing mix 7P, ada beberapa komponen yang perlu dikolaborasikan untuk pemasaran yang maksimal. Berikut penjelasan ringkas mengenai komponen yang harus ada dalam marketing mix 7P.

1. Products

Produk merupakan hasil usaha yang ditawarkan untuk memenuhi permintaan dari masyarakat. Karena Anda menjalankan konter pulsa, maka produk yang Anda tawarkan, seperti pulsa, kuota internet, jasa pembayaran cicilan, hingga aksesoris ponsel. Salah satu kunci sukses dari marketing mix adalah menyediakan produk dengan kualitas dan keunikan yang bagus. Contohnya, Anda menjual pulsa dengan harga terjangkau dan bisa online selama 24 jam. 

2. Price

Harga ini merupakan sejumlah uang yang harus dibayar pembeli untuk memperoleh produk yang ditawarkan. Sebagai salah satu upaya melariskan bisnis Anda, Anda bisa mengambil keuntungan sedikit saja sehingga bisa memasang harga yang terjangkau.

3. Place

Pemilihan tempat tentu menjadi satu hal yang harus sangat diperhatikan saat mendirikan konter pulsa. Tentunya Anda harus memilih lokasi strategis yang mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Dengan demikian, perputaran uang pada bisnis Anda juga bisa lebih cepat.

4. Promotions

Sesuai dengan namanya, promotions berfokus pada promosi produk Anda, mulai dari sasaran, cara, hingga media yang akan digunakan. Beberapa tujuan dari promosi, antara lain menarik konsumen baru, menginformasikan produk baru, dan mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk.

5. People

Komponen penting marketing mix konter pulsa lainnya adalah sumber daya manusia. Faktor SDM bisa dibilang menjadi faktor terpenting untuk mengembangkan usaha. Jadi kalau Anda membutuhkan karyawan untuk konter pulsa, pilihlah karyawan terbaik dan kompeten untuk mengelola konter. Selain kompetensi, Anda juga harus mempertimbangkan attitude dan motivasi karyawan.

6. Process

Proses yang dimaksud adalah cara perusahaan untuk memenuhi permintaan konsumen, mulai dari pemesanan hingga sampainya barang ke tangan konsumen. Sebagai pemilik usaha, Anda tentu harus mengusahakan pelayanan terbaik supaya konsumen kembali datang ke konter pulsa Anda.

7. Physical Evidence

Karena Anda menjalankan usaha fisik berupa konter pulsa, maka Anda perlu menata konter Anda dengan baik. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah penggunaan interior yang unik, pencahayaan yang baik, dan desain ruangan yang menarik. Meski mungkin pengunjung tidak akan lama di konter Anda, tapi penataan produk yang rapi bisa saja mendatangkan konsumen baru ke konter Anda.

Meski produk yang Anda jual mempunyai kualitas yang baik, strategi marketing yang efektif perlu dilakukan supaya masyarakat mengenali produk Anda. Jadi, fungsi utama marketing mix ini untuk membantu Anda menyusun strategi marketing yang efektif untuk membidik target pasar konter pulsa. Dengan strategi marketing yang efektif, Anda bisa meminimalisir risiko kegagalan di awal-awal pembukaan usaha.

Usaha konter pulsa tentu saja tidak bisa dijalankan tanpa adanya distributor pulsa. Untuk kebutuhan itu, Anda bisa mempercayakannya pada Alfatrans Pulsa. Bukan hanya menjadi distributor pulsa, Alfatrans Pulsa juga akan menjadi rekan untuk membantu Anda mengembangkan bisnis pulsa. Kalau usaha konter pulsa sudah berhasil dibuka, jangan lupa terapkan marketing mix konter pulsa supaya usaha Anda semakin dikenal masyarakat.