Copyright

Penyebab Bangkrutnya Usaha Konter Pulsa Online yang Harus Anda Waspadai

Pesatnya perkembangan teknologi digital berpengaruh pula dengan maraknya bisnis konter pulsa online. Mulai dari yang berbasis website milik sendiri hingga ke-agen-an pun ada. Bahkan hampir seluruh marketplace berbasis aplikasi online juga menawarkan produk serupa. Namun tak jarang yang mengalami kebangkrutan. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa penyebab berikut. Bila Anda menginginkan usaha ini sukses, hindari berbagai macam hal di bawah ini.

Sistem Pembukuan Tidak Jelas

Meskipun bisnis konter pulsa ini Anda jalankan sendiri, pembukuan tetap harus dilakukan. Agar terlihat jelas besaran modal yang dikeluarkan dengan omset masuk yang diperoleh. Banyak usaha yang gulung tikar karena sistem pembukuannya tidak ada atau tidak jelas karena hanya berdasarkan perkiraan belaka. Bisa jadi ada sebagian modal atau omset yang masuk ke kantong pribadi.

Penyebab Bangkrutnya Usaha Konter Pulsa Online yang Harus Anda Waspadai

Modal yang Bercampur dengan Dana Pribadi

Masalah ini termasuk perpanjangan dari tidak adanya sistem pembukuan yang jelas, sehingga uang yang seharusnya untuk modal usaha malah masuk ke dana pribadi. Jika hal ini terus terjadi, bisnis Anda tidak akan tertolong. Bahkan lebih parahnya kebanyakan kasus yang terjadi, pengusaha tersebut memiliki banyak hutang, baik hutang pribadi maupun hutang usaha.

Persaingan Harga yang Tidak Sehat

Sebagaimana trend yang sedang terjadi, biasanya akan bermunculan banyak pengusaha yang menawarkan produk serupa. Hal tersebut pasti akan menimbulkan persaingan harga yang tidak sehat. Biasanya pengusaha yang menawarkan harga jual cenderung murah yang akan memiliki pelanggan banyak, sehingga bisa bertahan dalam pusaran persaingan tersebut.

Penguasaan Software Konter Pulsa Online Kurang Memadai

Hal ini termasuk salah satu penyebab kebangkrutan usaha konter pulsa secara online terbanyak. Biasanya banyak pengusaha dadakan yang kurang mahir teknologi, namun ikut-ikutan tren bisnis yang sedang booming. Alhasil ketika software bermasalah tidak bisa memperbaiki. Bisa juga mengalami kerugian karena diserang hacker dan tidak bisa mengatasinya.

Server atau Website Tidak Diperbarui

Penyebab kebangkrutan bisnis pulsa ini biasanya karena ditinggalkan oleh pelanggannya sebab website yang dipakai terlalu monoton, tidak pernah dilakukan pembaruan baik dari segi tampilan maupun fiturnya. Website yang baik tentu akan selalu melakukan pembaruan terhadap UI/UX. Kebanyakan pembaruan dilakukan selama sebulan sekali agar tidak ditinggalkan pengguna.

Kegagalan Pendelegasian Tugas dan Wewenang

Masalah ini kebanyakan berlaku untuk bisnis konter yang dikelola secara berkelompok. Supaya tugas dan wewenang masing-masing anggota terdelegasikan dengan adil, peranan ketua tim sangat diperlukan. Apabila Anda bekerja secara mandiri, perhatikan manajemen waktu untuk melakukan monitoring website bisnis yang digunakan.

Apabila Anda bisa mengatasi segala permasalahan tersebut, dijamin bisnis pulsa Anda akan stabil bahkan bisa berkembang. Maka, bagi Anda yang serius berbisnis konter pulsa online, persiapkan strategi dan manajemen bisnis Anda dengan baik dan matang.