Copyright

Persiapan Menjadi Agen Pulsa, Perhatikan Hal ini!

Meskipun sekarang masanya serba internet dan pembelian dilakukan secara online, bisnis agen pulsa tetap memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Apalagi dengan masih berlakunya pembatasan aktivitas di era normal baru ini, kebutuhan akan pulsa masih tetap tinggi. Terutama bagi para akademisi dan pekerja kantoran. Perhatikan beberapa hal berikut untuk memulai bisnis ini!

Persiapan Menjadi Agen Pulsa

Menentukan Target Pasar

Bisnis ke-agen-an pulsa Anda tidak akan bisa berjalan jika belum mengetahui target sasaran pasar. Hal ini dilakukan supaya dapat menentukan produk pulsa apa saja yang akan ditawarkan. Juga digunakan untuk menentukan lokasi yang strategis untuk membangun jaringan bisnis tersebut. Juga bisa dipakai sebagai acuan pembuatan perencanaan usaha dan analisis keuntungan. 

Ragam Penawaran Produk

Setelah mampu menentukan target pasar bisnis Anda, tentukan pula apa saja produk yang akan ditawarkan. Tawarkanlah produk pulsa yang bervariasi, mulai dari pulsa seluler, pulsa internet, hingga kuota internet. Anda juga bisa menawarkan aksesoris telepon pintar. Selain itu, tawarkan pula produk jasa lainnya, seperti pembelian token listrik, pembayaran tagihan air dan lainnya, hingga top up permain online masa kini.

Harga yang Terjangkau

Supaya pelanggan Anda banyak, tawarkan pulsa dengan harga jual yang terjangkau. Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu ke yang sudah merintis usaha dahulu untuk mendapatkan harga jual rata-rata. Pastikan harga jual pulsa di agen Anda tidak lebih mahal dari pada agen pulsa yang lain. Terpenting, Anda sudah bisa memperoleh keuntungan.

Lokasi Bisnis

Bisnis ke-agen-an pulsa ini haruslah berada di lokasi yang strategis supaya pelanggannya banyak. Jika di lokasi yang akan Anda gunakan ternyata sudah ada lebih dari dua agen, pindahlah ke lokasi lain. Lebih baik jika lokasi yang dituju untuk bisnis ini belum ada yang serupa disekitarnya. Sehingga target pasar dan keuntungan yang bisa Anda raup lebih maksimal. 

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia yang dimaksud di sini adalah para pelaku yang menggerakkan bisnis. Anda sebagai pengusaha sekaligus pemilik bisnis harus memiliki perencanaan yang bagus serta perhitungan keuntungan memadai. Anda juga mesti kreatif dalam mempromosikan usaha ini. Jika Anda menyerahkan urusan layanan ke pelanggan pada pegawai, pastikan pegawai tersebut bisa dipercaya dan memiliki kinerja yang baik.

Melakukan Promosi

Supaya bisnis Anda ini berkembang dan meraup banyak keuntungan, Anda dan tim (jika memiliki Pegawai) harus bekerjasama melakukan promosi yang bagus. Saat baru merintis, Anda bisa melakukan promosi dari mulut ke mulut. Jika pelanggan Anda sudah semakin banyak, promosi bisa dilakukan dengan menyebar selebaran atau dengan media sosial.

Berbagai hal di atas dapat membantu Anda mengawali bisnis ke-agen-an ini. Jika nanti sudah berkembang, Anda bisa menyiapkan strategi yang lebih baik lagi. Selain yang disebutkan, hal yang juga perlu diperhatikan dalam memulai usaha agen pulsa adalah memilih distributor yang profesional seperti Alfatrans Pulsa..