Copyright

Bagaimana Masa Depan Bisnis Konter Pulsa di Tengah Banyaknya Aplikasi Online?

Semakin banyaknya telepon pintar dan aplikasi online, tak bisa dipungkiri memang menggeser keberadaan bisnis konter pulsa. Meski demikian, tidak lantas menjadikan bisnis tersebut mati dan sepi pelanggan. Lalu bagaimana masa depan bisnis tersebut dengan semakin menjamurnya aplikasi online saat ini?

Alfatrans Pulsa, Bisnis Konter Pulsa
Alfatrans Pulsa, Bisnis Konter Pulsa


Masih Banyak Peminatnya

Apabila dibandingkan dengan membeli pulsa melalui aplikasi online, masih banyak masyarakat yang menyukai membeli pulsa langsung ke konter. Cara ini dianggap lebih praktis karena masyarakat hanya perlu datang ke konter pulsa terdekat, sedangkan segala jenis transaksi dilakukan oleh petugas konter.

Selain itu, masyarakat juga lebih menyukai membeli pulsa ke konter terdekat karena bisa melakukan transaksi secara tunai. Coba bandingkan dengan melalui aplikasi online, selain masyarakat harus melakukan transaksi sendiri, pembayaran juga dilakukan dengan transfer bank atau memakai e-wallet dari aplikasi yang digunakan.

Apabila masyarakat yang melakukan transaksi pembelian pulsa melalui aplikasi online tersebut tidak punya aplikasi mobile banking, masih perlu direpotkan dengan melakukan transfer bank ke atm. Atau jika saldo e-wallet yang dimiliki kebetulan kosong, tentu akan memakan waktu untuk mengisi ulang ke retail rekanan atau transfer bank. Pasti masih lebih praktis bayar tunai ke konter pulsa.

Melakukan Diversifikasi Produk

Bisnis konter pulsa yang dulunya hanya menyediakan pulsa seluler dan jual beli telepon seluler, sekarang supaya dilirik dan memiliki banyak pelanggan harus melakukan diversifikasi produk yang ditawarkan. Semakin cepatnya perkembangan teknologi, pengusaha konter pulsa haruslah pintar dalam mengembangkan dan mempertahankan bisnisnya.

Karena masyarakat dan perkembangan zaman yang mengharuskan semuanya menggunakan telepon pintar dan jaringan internet, tentu pengusaha konter pulsa harus menyediakan pulsa maupun kuota internet. Selain itu juga bisa menyediakan jasa pembelian pulsa listrik (token), melayani pembayaran tagihan air, listrik, telepon, maupun jaringan wifi. 

Apalagi sekarang sedang maraknya e-sport atau aplikasi permainan online yang selain harus dimainkan dengan kuota internet terkadang juga mengharuskan penikmatnya untuk melakukan pembelian karakter tertentu atau diamond. Hal ini juga merupakan peluang bagi pengusaha konter pulsa untuk menyediakan layanan top-up game online seperti yang dimaksud.

Pengusaha konter pulsa jika bisa melakukan diversifikasi produk dengan menawarkan beragam aksesoris yang bisa digunakan oleh pengguna telepon pintar. Namun produk ini terkadang agak sulit untuk memperoleh keuntungannya. Sebab aksesoris lebih identik dengan estetika dan selera orang satu dengan lainnya berbeda. Akan lebih menguntungkan bila pengusaha konter memiliki bakat seni.

Meski mendapat banyak gempuran dari menjamurnya aplikasi online yang ada, peluang bisnis ini tetap sangat menjanjikan. Asalkan Anda sebagai pengusaha memiliki tekad yang kuat dan mengerahkan usaha yang maksimal, dijamin Anda bisnis konter pulsa jauh dari kebangkrutan, justru akan berkembang.