Copyright

Pengertian Pulsa Seluler Berdasarkan Jenis dan Fungsinya

Pulsa seluler didefinisikan sebagai media penghubung komunikasi, baik jarak jauh maupun jarak dekat. Sedangkan pulsa menurut kamu besar bahasa Indonesia diartikan sebagai satuan perhitungan biaya telepon. 

Sebenarnya pulsa bukan merupakan kata yang benar untuk menyebut satuan perhitungan untuk biaya telepon. Kata yang tepat adalah voucher.

Pada awal muncul pertama kali, seluruh provider menggunakan istilah voucher isi ulang. Sesuai tujuan utamanya yaitu untuk mengisi ulang saldo kredit pada nomor provider yang digunakan. Seiring berjalannya waktu, nama voucher berubah menjadi pulsa.


 

Pulsa juga bisa digunakan untuk membeli aplikasi berbayar. Pembelian aplikasi dengan menggunakan pulsa bisa mempermudah transaksi pembelian. 

Pulsa seluler sendiri bisa dikategorikan menjadi dua jenis. Yang pertama adalah pulsa prabayar. Pulsa jenis ini berupa pulsa yang bisa dipakai sesudah melakukan transaksi pembayaran di awal. Biasanya harus mengisi pulsa terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Yang kedua adalah pulsa pascabayar. Pulsa jenis ini menggunakan layanan terlebih dahulu dan akan ada tagihan dalam periode tertentu.

Jenis-jenis dan Fungsi dari Pulsa Seluler

Pulsa dibagi menjadi beberapa bagian. Banyak jenis dan ragam pulsa berdasarkan fungsinya. Ternyata pulsa tidak hanya untuk ponsel saja, melainkan ada beberapa macam jenis pulsa. Berikut beberapa jenis pulsa berdasarkan fungsinya.

Pulsa Handphone

Pulsa ini digunakan untuk melakukan komunikasi jarak jauh lewat suara. Jenis pulsa handphone ini khusus digunakan untuk handphone saja sesuai dengan namanya. Bisa dilakukan dengan media ponsel biasa, tidak harus memakai smartphone.

Pulsa Listrik

Pulsa yang satu ini agak sedikit berbeda dengan pulsa sebelumnya. Jenis pulsa ini dikhususkan untuk membayar tagihan listrik. Pengguna pulsa listrik ini harus top up pulsa terlebih dahulu untuk bisa menggunakan layanan listrik dari PLN. Alfatrans Pulsa juga merupakan distributor pulsa yang menyediakan layanan pulsa listrik.

Pulsa SMS

SMS merupakan surat masa singkat atau juga biasa dikenal dengan layanan pesan singkat. Sebuah layanan yang penggunaannya dengan menggunakan telepon genggam. Ketika mengirimkan SMS, maka nominal pulsa yang tersedia akan berkurang secara otomatis. Namun saat ini sudah jarang sekali pengguna SMS. Banyak orang yang sudah beralih  pada aplikasi pengirim pesan online yang menggunakan kuota paket internet.

Paket Internet atau Paket Data

Jenis pulsa ini sudah banyak digunakan oleh banyak orang saat ini. Pulsa internet adalah pulsa yang digunakan untuk berselancar di dunia maya atau juga digunakan untuk aplikasi chat online. Pulsa internet ini berupa voucher atau pulsa yang digunakan untuk mendaftar paket internet ke provider yang digunakan.

Jenis Pulsa berdasar bentuk fisik dibagi menjadi dua, yaitu voucher fisik dan pulsa elektrik.

Voucher Fisik

Voucher fisik merupakan proses isi ulang pulsa yang berbentuk atau memiliki fisik. Berbentuk seperti kartu dan terdapat beberapa digit angka. Angka yang tertera merupakan kode untuk pengisian ulang pulsa nomor handphone. Biasanya voucher isi ulang berisi 12 digit angka yang tertera di voucher yang sudah di gosok. Kode ini yang nantinya digunakan untuk isi ulang.

Pulsa Elektrik

Pada saat mengisi ulang pulsa tidak ada bentuk fisiknya, sehingga disebut sebagai pulsa elektrik. Pulsa elektrik hanya bisa di top up di agen pulsa. Alfatrans merupakan salah satu distributor pulsa yang profesional dalam pengisian pulsa. Bila sudah melakukan isi ulang pulsa seluler, maka saldo pulsa elektrik akan otomatis terisi sesuai dengan nominal yang sudah dibeli.