Copyright

5 Coban di Malang dengan Air Terjun Menawan dan Populer

Menjelajahi wisata alam di Malang tidak akan pernah ada habisnya. Salah satu keindahan alam yang dimiliki salah satu kota di Jawa Timur ini adalah coban atau air terjun. Kota ini memiliki banyak coban dengan pemandangan alam sekitarnya yang asri dan membuat pikiran segar. Terutama air terjunnya yang menjulang tinggi dengan airnya yang jernih dan dingin. Nah saat liburan ke Malang, jangan lupa masukan coban di Malang ini ke dalam itinerary liburanmu.

5 Coban di Malang dengan Air Terjun Menawan dan Populer


1. Coban Rondo


Mungkin telinga kamu tidak asing jika mendengar nama Coban Rondo. Coban di Malang ini memang menjadi salah satu ikon wisata kota Malang. Terletak di daerah Pujon, Malang. Aliran air terjunnya yang besar dengan ketinggian sekitar 84 meter, membuat para wisatawan yang baru tiba di lokasi bisa merasakan cipratan air dari air terjun. Jangan lupa kenakan jaket bagi kamu yang tidak terlalu kuat dengan udara dingin.


Selain pemandangan air terjunnya yang memikat mata dan membuat pikiran segar kembali, di kawasan Coban Rondo juga terdapat wisata lainnya seperti labirin, panahan hingga rafting. Paling populer setelah air terjunnya adalah labirin hijaunya yang seru untuk kamu coba. Bahkan foto yang diambil dari sudut atas, akan menghasilkan foto yang instagramable. Untuk bisa menikmati berbagai keindahan wisata di Coban Rondo, para pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp10.000.


2. Coban Pelangi


Para pendaki yang sudah menjajal Gunung Semeru, pasti tidak asing dengan coban di Malang yang satu ini. Yap, apalagi kalau bukan Coban Pelangi. Letaknya yang berada pada satu jalur pendakian Gunung Semeru ini memikat para pendaki untuk berhenti sejenak menikmati pemandangan air terjunnya yang menawan. Apalagi jika beruntung kamu bisa menyaksikan pelangi yang muncul persis di air terjun. Itulah kenapa coban atau air terjun ini dinamakan Coban Pelangi, karena air terjunnya sering membiaskan warna pelangi.


Meskipun berada dalam jalur pendakian bukan berarti hanya para pendaki Gunung Semeru saja yang bisa menyaksikan keindahan coban ini. Kamu yang hanya ingin melihat Coban Pelangi juga bisa, meskipun harus menyiapkan tenaga ekstra. Dari pintu masuk yang berada di Desa Gubuk, Klakah, Poncokusumo, kamu perlu berjalan kaki beberapa ratus meter. Jalurnya yang hanya satu dan sudah tertata rapi dengan baik membuat wisatawan bisa berjalan dengan nyaman meskipun jaraknya yang cukup jauh. Tiket masuk Coban Pelangi juga sangat terjangkau sekitar Rp5.000 per orang.



3. Coban Sewu


Berada di daerah perbatasan antara Malang dengan Lumajang, coban di Malang ini memberikan pemandangan menawan deretan air terjun dalam satu lokasi. Itulah mengapa coban ini dinamakan Coban Sewu. Kamu bisa menikmati pemandangan dari dua sisi yang berbeda namun sama indahnya. Jika ingin merasakan cipratan air terjunnya kamu bisa melihat kumpulan air terjun dari lokasi bawah. Sedangkan dari sisi atas pemandangannya juga tidak kalah menakjubkan. Kamu bisa leluasa melihat keseluruhan air terjun yang jumlahnya banyak ini.


Untuk bisa sampai ke Coban Sewu, kamu harus melewati jalanan berupa tangga – tangga dari bambu. Jadi harus ekstra hati – hati dan jangan terburu – buru. Di sekitar kawasan Coban Sewu juga banyak terdapat warung – warung makanan. Menikmati makanan sambil melihat pemandangan air terjun menjadikan pengalaman yang menarik.



4. Coban Talun


Dikelilingi dengan bebatuan dan hijaunya hutan, coban di Malang ini punya aliran air terjun yang deras dan jernih yang langsung memikat para wisatawan yang datang. Cipratan air terjun yang dingin serta udaranya yang sejuk sambil gemuruh suara air terjunnya membuat kamu tidak akan menyesal datang ke sana. Bahkan kalau kamu beruntung, kamu bisa melihat pelangi yang muncul dari biasan air terjun. Selain pemandangan utama air terjunnya yang memikat, pemandangan hutan di sekitarnya juga menarik untuk diabadikan dalam sebuah foto. Tiket masuk Coban Talun juga sangat terjangkau sekitar Rp5.000 per orang.



5. Coban Rais


Mampir ke wilayah Batu, yang tidak terlalu jauh dari kota Malang ada sebuah coban yang terkenal sebagai salah satu destinasi andalan di wilayah Batu. Lokasi tepatnya berada di Dusun Dresel, Desa Oro – Oro Ombo, Batu. Meskipun lokasinya cukup tersembunyi dan harus menyebrangi beberapa sungai kecil, tapi jika sudah sampai di lokasi, rasanya akan setimpal dengan perjalanannya yang panjang. Karena pemandangan cantik air terjunya akan membuat kamu senang. Coban Rais memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan masih dalam kawasan lereng Gunung Panderman. Rimbunnya pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun makin melengkapi kecantikan kawasan ini.


Yuk luangkan waktu untuk liburan dan meninggalkan segudang aktivitas sejenak untuk menyegarkan pikiran. Salah satunya dengan mengunjungi coban di Malang tersebut.


Jangan lupa untuk membagikan pengalaman liburanmu bersama aplikasi Alfatrans Pulsa dengan memberikan ulasan langsung mengenai tempatnya. Jika belum terdaftar, kamu bisa menambahkan tempatnya secara langsung lho.